Notification

×

Teras.media Sponsor

Indeks Berita

Cegah Penyebaran PMK, 6 Ekor Sapi dari Mempawah Ditunda Pengirimannya ke Sintang

Rabu, 22 Juni 2022 | 06:43 WIB Last Updated 2023-01-28T04:18:32Z
Foto: Sapi dari Mempawah yang hendak dikirim ke Kabupaten Sintang, dilakukan pengecekan di Dinas PKPP Mempawah, Senin 20/06/2022. (Ist)


TERAS.MEDIA, MEMPAWAH - Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Mempawah, menunda pengiriman enam ekor sapi yang akan dikirim dari Kabupaten Mempawah menuju Kabupaten Sintang, Senin 20/06/2022.


Enam ekor sapi yang dibawa dengan dua mobil pickup tersebut terparkir di kantor Dinas PKPP bidang peternakan dan hewan.


Kepala Bidang Peternakan DPKPP Kabupaten Mempawah, Tika Nurhayati membenarkan bahwa pihaknya telah menunda enam ekor sapi dari Kabupaten Mempawah untuk dibawa ke Kabupaten Sintang. 


Hal tersebut dilakukan dalam meminimalisir penyebaran penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kian merebak.


"Jadi, enam ekor sapi yang sudah siap dibawa dengan dua mobil Pick up. Kita lakukan pencegahan agar tidak dibawa dari Mempawah ke Kabupaten Sintang. Karena untuk meminimalisir penyebaran penyakit PMK,"tegasnya.


Menurutnya, enam ekor sapi yang hendak dibawa ke Kabupaten Sintang tersebut berasal dari wilayah Mempawah yang masuk dalam zona merah penyebaran penyakit PMK.


"Karena sapinya berasal dari zona merah penyebaran PMK. Makanya kita lakukan pencegahan. Sedangkan daerah tujuannya masih masuk zona hijau penyakit PMK,"tegasnya.


Tika menambahkan, dengan pencegahan tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan dinas terkait di Kabupaten Sintang. Karena sapi tersebut akan diperuntukan untuk  hewan qurban bukan untuk dipelihara. 


"Semua itu sudah kita koordinasikan dengan dinas terkait di Sintang. Untuk hewan yang diawasi tersebut, jika nantinya dalam keadaan sehat, maka H-7 pelaksanaan Qurban baru dikeluarkan surat SKKH," tutupnya. (RED)

×